
OKUPASI TERAPI PADA ANAK
Terapi terapi kerja (OT) berfokus pada membantu orang dengan cacat fisik, sensorik, atau kognitif se-independen mungkin dalam semua bidang kehidupan mereka. OT dapat membantu anak-anak dengan berbagai kebutuhan meningkatkan keterampilan kognitif, fisik, sensorik, dan motorik mereka dan meningkatkan harga diri dan rasa pencapaian mereka. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa terapi okupasi hanya untuk orang dewasa, karena semua anak-anak tidak memiliki pekerjaan. Tetapi pekerjaan utama anak adalah bermain dan belajar, dan terapis okupasi dapat mengevaluasi keterampilan anak-anak untuk bermain, kinerja sekolah, dan kegiatan sehari-hari dan membandingkannya dengan apa yang sesuai dengan perkembangan untuk kelompok usia tersebut.
Menurut American Occupational Therapy Association (AOTA), selain berurusan dengan kesejahteraan fisik seseorang, praktisi OT mengatasi faktor psikologis, sosial, dan lingkungan yang dapat memengaruhi fungsi dengan cara yang berbeda. Pendekatan ini menjadikan PL bagian penting dari perawatan kesehatan untuk beberapa anak.
Menurut AOTA, anak-anak dengan masalah medis ini mungkin mendapat manfaat dari OT:
· ~Cedera lahir atau cacat lahir
· ~Gangguan proses sensorik
· ~Cedera traumatis (otak atau sumsum tulang belakang)
· ~Masalah belajar
· ~Gangguan perkembangan autisme
· ~Arthritis rheumatoid remaja
~Masalah kesehatan mental atau perilaku
· ~Patah tulang atau cedera ortopedi lainnya
· ~Keterlambatan perkembangan
· ~Kondisi pasca operasi
· ~Terbakar
· ~Amputasi traumatic
· ~Kanker
· ~Cedera tangan yang parah
· ~Multiple sclerosis, cerebral palsy, dan penyakit kronis lainnya
Apa yang Terapis Okupasi lakukan ???
· #Membantu anak-anak bekerja pada keterampilan motorik halus sehingga mereka dapat memahami dan melepaskan mainan dan mengembangkan keterampilan tulisan tangan yang baik
· #Koordinasi tangan-mata untuk meningkatkan keterampilan bermain dan sekolah anak-anak (memukul target, memukul bola, menyalin dari papan tulis, dll.)
· #Membantu anak-anak dengan keterlambatan perkembangan yang parah belajar tugas-tugas dasar (seperti mandi, berpakaian, menyikat gigi, dan makan sendiri)
· #Membantu anak-anak dengan gangguan perilaku mempertahankan perilaku positif di semua lingkungan (misalnya, daripada memukul orang lain atau bertindak keluar, menggunakan cara positif untuk menghadapi kemarahan, seperti menulis tentang perasaan atau berpartisipasi dalam aktivitas fisik)
· #Mengajari anak-anak dengan cacat fisik keterampilan koordinasi yang diperlukan untuk memberi makan diri mereka sendiri, menggunakan komputer, atau meningkatkan kecepatan dan keterbacaan tulisan tangan mereka
· #Mengevaluasi kebutuhan anak akan peralatan khusus, seperti kursi roda, splint, peralatan mandi, peralatan rias, atau alat bantu komunikasi
#Bekerja dengan anak-anak yang memiliki masalah sensorik dan atensi untuk meningkatkan fokus dan keterampilan sosial
0 komentar:
Posting Komentar