
OKUPASI TERAPI PADA ANAK
Terapi
terapi kerja (OT) berfokus pada membantu orang dengan cacat fisik, sensorik,
atau kognitif se-independen mungkin dalam semua bidang kehidupan mereka. OT
dapat membantu anak-anak dengan berbagai kebutuhan meningkatkan keterampilan
kognitif, fisik, sensorik, dan motorik mereka dan meningkatkan harga diri dan
rasa pencapaian mereka. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa terapi okupasi
hanya untuk orang dewasa, karena semua anak-anak tidak memiliki pekerjaan.
Tetapi pekerjaan utama anak adalah bermain dan belajar, dan terapis okupasi
dapat mengevaluasi keterampilan anak-anak untuk bermain, kinerja sekolah, dan
kegiatan sehari-hari dan membandingkannya dengan apa yang sesuai dengan
perkembangan untuk kelompok usia tersebut.
Menurut
American Occupational Therapy Association (AOTA), selain berurusan dengan
kesejahteraan fisik seseorang, praktisi OT mengatasi faktor psikologis, sosial,
dan lingkungan yang dapat memengaruhi fungsi dengan cara yang berbeda.
Pendekatan ini menjadikan PL bagian penting dari perawatan kesehatan untuk
beberapa anak.
Menurut AOTA, anak-anak
dengan masalah medis ini mungkin mendapat manfaat dari OT:
·
~Cedera lahir atau cacat lahir
·
~Gangguan proses sensorik
·
~Cedera traumatis (otak atau sumsum tulang
belakang)
·
~Masalah belajar
·
~Gangguan perkembangan autisme
·
~Arthritis rheumatoid remaja
~Masalah kesehatan mental atau perilaku
·
~Patah tulang atau cedera ortopedi lainnya
·
~Keterlambatan perkembangan
·
~Kondisi pasca operasi
·
~Terbakar
·
~Amputasi traumatic
·
~Kanker
·
~Cedera tangan yang parah
·
~Multiple sclerosis,
cerebral palsy, dan penyakit kronis lainnya
Apa yang Terapis Okupasi lakukan ???
·
#Membantu anak-anak bekerja pada keterampilan
motorik halus sehingga mereka dapat memahami dan melepaskan mainan dan
mengembangkan keterampilan tulisan tangan yang baik
·
#Koordinasi tangan-mata untuk meningkatkan
keterampilan bermain dan sekolah anak-anak (memukul target, memukul bola,
menyalin dari papan tulis, dll.)
·
#Membantu anak-anak dengan keterlambatan
perkembangan yang parah belajar tugas-tugas dasar (seperti mandi, berpakaian,
menyikat gigi, dan makan sendiri)
·
#Membantu anak-anak dengan gangguan perilaku
mempertahankan perilaku positif di semua lingkungan (misalnya, daripada memukul
orang lain atau bertindak keluar, menggunakan cara positif untuk menghadapi
kemarahan, seperti menulis tentang perasaan atau berpartisipasi dalam aktivitas
fisik)
·
#Mengajari anak-anak dengan cacat fisik
keterampilan koordinasi yang diperlukan untuk memberi makan diri mereka
sendiri, menggunakan komputer, atau meningkatkan kecepatan dan
keterbacaan tulisan tangan mereka
· #Mengevaluasi kebutuhan anak akan peralatan khusus, seperti kursi
roda, splint, peralatan mandi, peralatan rias, atau alat bantu komunikasi
#Bekerja dengan
anak-anak yang memiliki masalah sensorik dan atensi untuk
meningkatkan fokus dan keterampilan sosial
0 komentar:
Posting Komentar